Sabtu, 08 November 2014

ANALISIS PERENCANAAN







                                                           Analisis perencanaan susu kedelai
            Perencanaan usaha adalah suatu dokumen yang menyatakan kesanggupan seseorang untuk menjual barang atau jasa yang akan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan  dengan adanya perencanaan usaha akan membuat kita dapat melihat dengan jelas apakah usaha yang dijalankan nanti memiliki prospek keberhasilan yang tinggi. Selain itu, dalam membuat perencanaan usaha harus didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan jasa yang ditawarkan.
            Menurut analisis saya perencanaan bisnis susu kedelai “Sari Alam” sudah cukup baik. Karena, pemilik dari usaha ini memilih mendirikan usaha susu kedelai “Sari Alam” setelah melihat prospek yang cukup menjanjikan dari usaha yang didirikannya. Selain itu juga pemilik dari usaha ini juga mempertimbangkan kandungan gizi yang terkandung dalam susu kedelai dan menurut saya usaha ini memang cukup menjanjikan karena orang – orang tentu akan mencari makanan atau minuman yang dapat memenuhi kebutuhan gizi mereka dan juga proses pembuatan susu kedelai pun tidaklah sulit dan juga tidak membutuhkan peralatan dan teknologi yang canggih serta tidak mmebutuhkan kemampuan khusus dan juga dengan pemberian label “ Sari Alam” pada kemasan susu kedelai juga merupakan strategio yang baik. Karena, pemberian label akan membuat  produknya dapat dikenal oleh konsumen luas, sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan. Selain itu label juga berfungsi sebagai jaminan atas kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo perusahaan, nama dan alamat perusahaan, dan berat atau volume produk. Informasi yang ingin disampaikan kepada konsumen tersebut terangkum dalam tulisan yang dicetak pada kemasan produk.
            Harga susu kedelai “Sari Alam” pun terjangkau. Hal ini tentu saja menguntungkan pihak perusahaan karena terkadang masyarakat sulit menemukan makanan atau minuman yang bergizi namun dengan harga yang terjangkau. Terjangkaunya harga susu kedelai ini tentu saja memberikan peluang keuntungan yang besar karena bisa di beli oleh siapa saja.
            Penetapan dalam strategi yang akan digunakan untuk memasarkan barang juga cukup baik. Pihak perusahaan sudah menetapkan struktur organisasi dan job description sehingga setiap pegawai sudah mengetahui tugasnya masing – masing. Selain itu juga pihak perusahaan sudah  mengetahui dengan jelas sasaran utama dari produk yang akan dipasarkan. Hal ini merupakan sesuatu yang sangat bagus sekali.  Karena, menurut saya jika kita akan memasarkan suatu produk  barang/ jasa kita harus tahu dengan jelas siapa target dari produk barang/ jasa yang akan kita tawarkan. Selain itu, pihak perusahaan juga sudah mengetahui dimana produk barangnya akan dijual dan dalam hal mempromosikan barangnya perusahaan juga sudah memiliki strategi yang cukup baik, yaitu dengan cara menempel pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet sebagai sarana e-business.
            Menurut saya menempel pamflet – pamflet yang mempromosikan barangnya merupakan cara yang tepat. Karena, banyak orang yang berlalu – lalang dan hal ini tentu saja memberikan peluang yang besar bagi orang – orang untuk melihat dan membeli barang yang dijual. Menggunakan media internet sebagai sarana mempromosikan barang juga merupakan cara yang tepat. Karena seperti yang kita ketahui internet bukan hal yang baru bagi masyarakat. Hampir semua orang mengakses internet setiap harinya dan hal ini tentu saja juga memberikan peluang yang besar bagi pengusaha untuk mengenalkan barangnya pada masyarakat.
            Pengorganisasian yang dilakukan pihak perusahaan juga baik. Karena pihak perusahaan sudah mengetahui dan merencanakan bagaimana produk akan dipasarkan. Seperti misalnya setelah susu kedelai “Sari Alam” ini selesai dibuat, susu kedelai dimasukkan kedalam kemasan plastik dan pada plastiknya disablon dengan label “Sari Alam”. Produk susu kedelai ini dijual di  kampus, di toko atau warung-warung di sekitar perumahan, atau bahkan di supermarket- supermarket terdekat dan untuk memperkenalkan produk susu kedelai ‘Sari Alam” pihak perusahaan melakukan promosi melalui internet dan juga dengan cara menyebar pamflet – pamflet dipinggir jalan.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar