ANALISIS PERENCANAAN BISNIS SUSU
KEDELAI
Analisis
Perencanaan
usaha adalah suatu dokumen yang menyatakan kesanggupan seseorang untuk menjual
barang atau jasa yang akan menghasilkan keuntungan yang memuaskan dan dengan adanya perencanaan usaha akan membuat
kita dapat melihat dengan jelas apakah usaha yang dijalankan nanti memiliki
prospek keberhasilan yang tinggi. Selain itu, dalam membuat perencanaan usaha harus
didasarkan pada kebutuhan masyarakat akan adanya barang dan jasa yang ditawarkan.
Menurut analisis saya perencanaan
bisnis susu kedelai “Sari Alam” sudah cukup baik. Karena, pemilik dari usaha
ini memilih mendirikan usaha susu kedelai “Sari Alam” setelah melihat prospek
yang cukup menjanjikan dari usaha yang didirikannya. Selain itu juga pemilik
dari usaha ini juga mempertimbangkan kandungan gizi yang terkandung dalam susu
kedelai dan menurut saya usaha ini memang cukup menjanjikan karena orang –
orang tentu akan mencari makanan atau minuman yang dapat memenuhi kebutuhan
gizi mereka dan juga proses pembuatan susu kedelai pun tidaklah sulit dan juga
tidak membutuhkan peralatan dan teknologi yang canggih serta tidak mmebutuhkan
kemampuan khusus dan juga dengan pemberian label “ Sari Alam” pada kemasan susu
kedelai juga merupakan strategio yang baik. Karena, pemberian label akan
membuat produknya dapat dikenal oleh
konsumen luas, sehingga mudah dicari ketika dibutuhkan. Selain itu label juga
berfungsi sebagai jaminan atas kualitas produk, sarana untuk merk dagang, logo
perusahaan, nama dan alamat perusahaan, dan berat atau volume produk. Informasi
yang ingin disampaikan kepada konsumen tersebut terangkum dalam tulisan yang
dicetak pada kemasan produk.
Harga susu kedelai “Sari Alam” pun
terjangkau. Hal ini tentu saja menguntungkan pihak perusahaan karena terkadang
masyarakat sulit menemukan makanan atau minuman yang bergizi namun dengan harga
yang terjangkau. Terjangkaunya harga susu kedelai ini tentu saja memberikan peluang
keuntungan yang besar karena bisa di beli oleh siapa saja.
Penetapan dalam strategi yang akan
digunakan untuk memasarkan barang juga cukup baik. Pihak perusahaan sudah menetapkan
struktur organisasi dan job description
sehingga setiap pegawai sudah mengetahui tugasnya masing – masing. Selain itu
juga pihak perusahaan sudah mengetahui
dengan jelas sasaran utama dari produk yang akan dipasarkan. Hal ini merupakan
sesuatu yang sangat bagus sekali. Karena, menurut saya jika kita akan memasarkan
suatu produk barang/ jasa kita harus
tahu dengan jelas siapa target dari produk barang/ jasa yang akan kita
tawarkan. Selain itu, pihak perusahaan juga sudah mengetahui dimana produk
barangnya akan dijual dan dalam hal mempromosikan barangnya perusahaan juga
sudah memiliki strategi yang cukup baik, yaitu dengan cara menempel
pamflet-pamflet di pinggir jalan dan tempat-tempat strategis lainnya. Selain
itu juga akan memanfaatkan buletin yang terbit di kampus dan media internet
sebagai sarana e-business.
Menurut saya menempel
pamflet – pamflet yang mempromosikan barangnya merupakan cara yang tepat.
Karena, banyak orang yang berlalu – lalang dan hal ini tentu saja memberikan
peluang yang besar bagi orang – orang untuk melihat dan membeli barang yang
dijual. Menggunakan media internet sebagai sarana mempromosikan barang juga
merupakan cara yang tepat. Karena seperti yang kita ketahui internet bukan hal
yang baru bagi masyarakat. Hampir semua orang mengakses internet setiap harinya
dan hal ini tentu saja juga memberikan peluang yang besar bagi pengusaha untuk
mengenalkan barangnya pada masyarakat.
Pengorganisasian yang
dilakukan pihak perusahaan juga baik. Karena pihak perusahaan sudah mengetahui
dan merencanakan bagaimana produk akan dipasarkan. Seperti misalnya setelah
susu kedelai “Sari Alam” ini selesai dibuat, susu kedelai dimasukkan kedalam
kemasan plastik dan pada plastiknya disablon dengan label “Sari Alam”. Produk
susu kedelai ini dijual di kampus, di toko atau warung-warung di sekitar
perumahan, atau bahkan di supermarket- supermarket terdekat dan untuk
memperkenalkan produk susu kedelai ‘Sari Alam” pihak perusahaan melakukan
promosi melalui internet dan juga dengan cara menyebar pamflet – pamflet dipinggir
jalan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar