Jumat, 20 November 2015

Pengertian dan macam-macam sistem informasi berbasis komputer serta pengertian database



1.      Pengertian sistem informasi berbasis komputer dari berbagai sumber (3 sumber)
a.       Sistem informasi berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah sistem informasi memang tidak harus menggunakan komputer dan kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik tanpa adanya komputer. Sistem informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataanya selalu berhubungan dengan istilah computer-based.atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer (www.slideshare.net)
b.      Sistem Informasi Berbasis Komputer atau yang lebih dikenal dengan Computer Based Information System (CBIS) merupakan sistem pengolahan suatu data menjadi sebuah informasi yang berkualitas dan dapat dipergunakan sebagai alat bantu yang mendukung pengambilan keputusan, koordinasi dan kendali serta visualisasi dan analisis. (threedees.byethost18.com).
c.       Sistem Informasi berbasis komputer mengandung arti bahwa komputer memainkan peranan  penting dalam sebuah sistem informasi. Secara teori, penerapan sebuah Sistem Informasi memang tidak harus menggunakan komputer dalam kegiatannya. Tetapi pada prakteknya tidak mungkin sistem informasi yang sangat kompleks itu dapat berjalan dengan baik jika tanpa adanya komputer. Sistem Informasi yang akurat dan efektif, dalam kenyataannya selalu  berhubungan dengan istilah computer-based atau pengolahan informasi yang berbasis pada komputer (https://www.academia.edu).
2.      Macam-macam sistem berbasis komputer, yaitu:
a.      Fokus data (SIA/EDP)
SIA merupakan suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, mengklarifikasikan, mengolah, menganalisa dan mengkomunikasikan informasi finansial dan pengambilan keputusan yang relevan bagi pihak luar perusahaan.
Adapun SIA melakukan 4 tugas dasar, yaitu:
1.)    Pengumpulan data.
2.)    Manipulasi data.
3.)    Penyimpanan data.
4.)    Penyiapan data.
Sedangkan SIA memiliki 5 karakteristik yang membedakan SIA dgn subsistem CBIS yang lain, yaitu :
1.)    melaksanakan tugas yang diperlukan
2.)    berpegang pada prosedur yang relatif standar
3.)     menangani data yang rinci
4.)    terutama berfokus historis
5.)     menyediakan informasi pemecahan masalah yang minimal.

b.      Fokus informasi (SIM)
SIM bertugas untuk mengklarifikasikan, memproses, menganalisa dan mengkomunikasikan semua tipe informasi. Pada SIM, aktivitasnya berupa penyusunan  laporan dan tanya jawab, aktivitasnya terstruktur dan berfokus pada pengorganisasian dan perusahaan. SIM sendiri memiliki tujuan untuk memenuhi kebutuhan informasi umum semua manajer dalam perusahaan atau dalam sub unit organisasional perusahaan .
Adapun tujuan dari SIM adalah sebagai berikut :
1.)      Memberikan dukungan untuk pembuatan keputusan pada masalah yang semi/tidak terstruktur.
2.)       Memberikan dukungan pembuatan keputusan kepada manajer pada semua tingkat untuk membantu integrasi antar tingkat.
3.)      Meningkatkan efektifitas manajer dalam pembuatan keputusan & bukan peningkatan efisiennya. 

c.       Fokus pada sistem pendukung keputusan (SPK)
Sistem komputer yang membantu pembuatan keputusan dalam menggunakan dan memanfaatkan data dan model untuk memecahkan masalah yang sifatnya tidak terstruktur. Pada SPK user atau pengguna memiliki kontrol penuh dalam berinteraksi, menekankan fleksibilitas, adaptibilitas dan kemampuan untuk memberikan respon secara cepat.
Sedangkan tingkatan teknologi SPK adalah sebagai berikut:
1.)   Specific DSS Merupakan hardware/software yang memungkinkan seseorang/sekelompok orang pengambil keputusan melakukan analitik terhadap suatu masalah tertentu
2.) DSS Gene rator Suatu paket hardware/software yang mampu secara cepat & mudah membuat spesifik DSS
3.) DSS Tools Suatu hardware/software yang membantu pembuatan spesifik DSS dan generator DSS. 

 Manfaat SPK :
1.)   meningkatkan jumlah alternative yang dipilih
2.)   pemahaman yang lebih baik tentang bisnis
3.)   respon yang cepat terhadap situasi yang tidak diharapkan
4.)   4Kontrol yang lebih baik. 

d.      Fokus pada komunikasi (otomatis kantor).
Otomatis perkantoran adalah semua sistem elektronik formal dan informal terutama yang berkaitan  komunikasi yang sifatnya informal dari  dan ke orang-orang di dalam maupun di luar perusahaan. 
Otomatis kantor sendiri berfungsi untuk mempermudah komunikasi, baik komunikasi yang sifatnya secara lisan maupun komunikasi secara tulisan serta menyediakan informasi yang lebih baik untuk membantu dalam pengambilan keputusan.

Tujuan otomatisasi Kantor :
1.)  penghindaran biaya
2.)  pemecahan masalah kelompok
3.) sebagai pelengkap

e.       Fokus pada konsultan (sistem pakar).
Sistem komputer merupakan program komputer yang memiliki fungsi mirip dengan manusia, yaitu memberi konsultasi kepada user atau pemakai mengenai cara memecahkan masalah.
Komponen sistem pakar sebagai berikut:
1.)    user inter face
Memungkinkan pemakai untuk dapat berinteraksi dengan sistem pakar
2.)     knowledge base
Menyimpan pengetahuan gabungan yang digunakan untuk memecahkan masalah tertentu. 3
3.)    inference engine
 Memberikan kemampuan penalaran yang menginterpretasikan isi dari knowledge base
4.)    development engine
digunakan oleh ahli dan analisis system untuk menciptakan sistem pakar.




3.      Jelaskan apa yang dimaksud dengan:
a.      Pemrosesan batch.
Pengumpulan transaksi dan pemrosesan semua sekaligus dalam sekali batch. Kelemahan dari pemrosesan batch adalah informasi mutakhir tentang gambaran sistem fisik tidak selalu tersedia.

b.      Pemrosesan online.
Mencakup transaksi yang segera masuk, langsung di proses dan setiap trasaksi yang terjadi akan langsung di buku kan. Keuntungan dari pemrosesan online  adalah karena tidak ada penundaan proses maka waktu yang dibutuhkan lebih singkat. Namun, pemrosesan online  juga memiliki kelemahan, yaitu biaya yang dibutuhkan untuk peralatan fisik cukup besar. 

c.       Sistem realtime.
Sistem yang mengandalkan sistem fisik, dimana sistem ini mewajibkan komputer untuk merespon secara cepat.

4.      Apa yang dimaksud database.
Database adalah gabungan dari beberapa data yang diolah dan diorgansiasikan sedemikian rupa, sehingga didapatkan suatu hubungan atau relasi antara kedua data tersebut serta dapat digunakan bersamaan oleh beberapa pengguna aplikasi.

Sumber :



Tidak ada komentar:

Posting Komentar