Sabtu, 06 April 2013

Kenapa harus belajar ilmu alamis dasar


                 Ilmu alamis dasar adalah ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang gejala-gejala yang terjadi di alam semesta, termasuk di muka bumi ini, sehingga terbentuk konsep dan prinsip. Ada banyak hal yang menjadi alasan untuk kita mempelajari tentang ilmu alamis dasar karena ilmu alamis dasar adalah ilmu yang  mempelajari hal-hal yang bekaitan dengan alam sekitar kita. Contohnya di ilmu alamis dasar kita mepelajari hal-hal yang berkaitan dengan manusia, matematika, biologi, kimia, fisika dan lain-lain.
               Seperti yang kita ketahui kehidupan dan pola pikir manusia terus berubah dan berkembang seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern. Cara hidup dan pola pikir manusia zaman sekarang tentu saja berbeda dengan pola pikir dan cara hidup orang-orang yang hidup di tahun 70an, 80an maupun 90an.Cara hidup masyarakat di daerah A tentu berbeda dengan cara hidup masyarakat di daerah B dan dengan mepelajari ini tentu saja akan sangat membantu kita dalam berhubungan dengan masyarakat sekitar. Cara hidup masyarakat di dari masa ke masa yang terus berubah dapat kita jadikan acuan untuk menjadi masyarakat yang lebih maju.
               Mempelajari ilmu alamiah dasar berarti kita akan mempelajari hal-hal yang bekaitan alam sekitar kita. Tidak hanya teori terjadinya alam semesta saja. Tetapi, juga tentang bencana-bencana alam seperti gempa bumi, banjir, tsunami dan juga gunung meletus. Kita juga mempelajari dan mengenal perubahan-perubahan kondisi lingkungan sekitar kita sehingga kita dapat mencegah bencana-bencana alam tersebut maupun perubahan-perubahan kondisi lingkungan yang merugikan.
              Mempelajari matematika juga tidak akan lepas dari statistika. Statistik adalah ilmu yang melakukan pendekatan modern untuk menyajikan konsep dasar dan metode statistik secara lebih jelas. Dulu, mungkin kita betanya-tanya kenapa harus belajar statistika. Namun, pada akhirnya setelah berada di perguruan tinggi saya akhirnya paham bahwa dengan mepelajari statistika akan membantu saat melakukan penelitian dan akan mengambil kesimpulan. Misalnya saat perusahaan ingin mendata jumlah karyawannya, Jumlah peserta yang melakukan program keluaga berencana ( KB) di suatu desa/kelurahan, Jumlah bayi yang dtimbang pada bulan tertentu. Oleh karena itu, penggunaan statistik sangat penting untuk  mengambil keputusan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar